Upaya Membantu Pemda Membangun Desa Terpencil, Kodim 0702 Purbalingga Akan Gelar TMMD

Era Jateng
Sabtu, 14 Maret 2020, 01:17 WIB Last Updated 2020-03-13T18:19:06Z
Upaya Membantu Pemda Membangun Desa Terpencil, Kodim 0702 Purbalingga Akan Gelar TMMD

ERA JATENG ■ Kodim 0702/Purbalingga bersama Pemkab Purbalingga menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap 1 Tahun Anggaran 2020 yang mengambil tema "TMMD Untuk Membangun Negeri"  di Operation Room Graha Adiguna Kompleks Pendopo, Kabupaten Purbalingga, Jumat (13/3/2020).

Rapat diawali dengan laporan kesiapan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Ta 2020 oleh Kepala Dinpermades Kabupaten Purbalingga Drs. Muhamada Najib, M.Si.

Selanjutnya, rapat koordinasi dibuka oleh  Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra  Kabupaten Purbalingga Drs. Imam Wahyudi, M.Si yang mewakili Bupati Purbalingga dengan didampingi Kasdim 0702/Purbalingga Mayor Inf Saeroji, Forkopimda Kabupaten Purbalingga, Kepala Dinpermades, Pasiter Kodim 0702/Purbalingga Lettu Inf Suriyono, para Danramil dan Perwira staff jajaran Kodim 0702/Purbalingga, SKPD, BUMN/BUMD, Ormas dan Forkompincam Karangreja serta Kades se-Kecamatan Karangreja.

Dalam sambutannya, Dandim 0702/Purbalingga yang diwakili oleh Kasdim menyampaikan, "pelaksanaan TMMD akan difokuskan di Desa Serang, Kecamatan Karangreja dengan sasaran fisik membuka jalan baru volume  1.400 M x 7 M, membangun jalan makadam volume 1400 M x  7 M dan pembangunan gorong-gorong plat beton volume 0,5 M x 7 M sebanyak 3 unit," terangnya.

Saat ini kegiatan sudah mulai dikerjakan melalui pra TMMD sejak tanggal 9 - 15 Maret 2020 dan pelaksanaan secara resmi nantinya akan dilaksanakan tanggal 16 Maret - 14 April 2020 atau selama 30 hari.

"TMMD Sengkuyung tahap 1 Tahun 2020 ini direncanakan akan dibuka pada tanggal 16 Maret 2020 di lapangan Desa Serang Karangreja," ucap Kasdim.

Lebih lanjut  Kasdim menyampaikan,” kegiatan fisik yang dilakukan ini merupakan sasaran yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan merupakan “Botton Up” atau usulan permintaan dari masyarakat, harapannya apa yang dikerjakan oleh Kodim 0702/Purbalingga manfaatnya benar-benar bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

"Ini merupakan Program Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Jadi harus dirasakan benar manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri karena selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya memenuhi harapan masyarakat berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang bisa mendukung perkembangan perekonomian di Desa Serang,” papar Kasdim.

Sementara itu, Bupati Purbalingga yang diwakiki Asisten 1 menyambut baik kegiatan TMMD Sengkuyung ini yang akan dilaksanakan oleh Kodim 0702/Purbalingga.

“Selain berdampak positif pada pembangunan, kegiatan TMMD juga akan berdampak terhadap wawasan masyarakat menjadi lebih luas dengan program non fisik di TMMD ini,” ucapnya.

Bupati mengharapkan sinergitas dari semua pihak terutama kepada BUMN, BUMD dan Swasta untuk nyengkuyung kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2020 di Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

”Saya minta kepada semua pihak untuk satukan tekad pikiran dan bergotong royong agar TMMD yang akan dibuka tanggal 16 Maret 2020 mendatang dapat berjalan lancar dan berdampak positif demi kemajuan bangsa dan Negara ini, khususnya Kabupaten Purbalingga," katanya.

"Selanjutnya untuk sasaran non fisik diharapkan bagi yang membidangi nantinya ada sosialisasi tentang  permasalahan yang sedang banyak dibahas yaitu virus corona dan DBD dimana Purbalingga menduduki urutan ke-4 di Jawa Tengah. Tumbuhkan semangat membangun untuk  mewujudkan desa mandiri dan ciptakan iklim yang kondusif agar TMMD sukses sekaligus mohon saat TMMD nanti juga  ada penekanan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak," harap Bupati.

■ Pendim 0702 / Imam Santoso

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+