materi calistung tk

5 Jenis Materi Calistung TK Dasar, Asik dan Menyenangkan

Materi Calistung TK – Seperti namanya, materi calistung TK adalah bahan pelajaran yang mengandung unsur baca, tulis, dan berhitung. Ketiga konsep pelajaran ini adalah bekal dasar seorang anak sebelum mengenali ratusan macam pelajaran lainnya. Ketika anak masih ada di usia TK alias sekitar 4 – 6 tahun, hal calistung sederhana yang bisa diajari meliputi:

5 Jenis Materi Calistung TK Dasar, Asik dan Menyenangkan

1. Mengenal Huruf

Membaca adalah jendela dunia. Sebelum bisa membaca, pengenalan huruf harus dilakukan. Huruf yang meliputi bunyi vokal dan konsonan ini adalah hal mendasar yang harus ada pada pembelajaran calistung untuk anak

Cara mengenalkan anak kepada huruf dilalui secara bertahap. Umumnya anak akan lebih mudah dikenalkan pada huruf yang berbunyi alias huruf vokal. Ajarkan bentuk huruf a, i, u, e, o untuk tahap awalnya. Setelah anak terlihat lancar membedakan huruf huruf tersebut, barulah pembelajaran bisa dialihkan ke pengenalan huruf konsonan.

2. Menulis Huruf

Pembelajaran selanjutnya yang dilakukan setelah anak berhasil mengenal huruf adalah menulis. Tidak perlu menulis langsung membuat rangkaian kata, tetapi cukup diajari bagaimana cara membuat huruf huruf yang diajarkan sebelumnya di atas kertas. Menulis huruf satu per satu merupakan proses pengakraban diri anak dengan dunia tulis.

Baca juga : Materi Ketahanan Pangan

Secara pelan pelan, ajarkan anak bagaimana cara membentuk huruf huruf yang sudah diketahui. Awali dari huruf vokal, kemudian konsonan. Ajarkan bagaimana menulis huruf, kenalkan bentuknya; bentuk huruf besar dan kecil. Berikan juga langkah cara menulis huruf secara satu satu pada anak agar mudah dipahami.

3. Mempelajari Angka

Ketika anak sudah selesai mengikuti pelajaran mengenal dan menulis huruf, kini materi calistung TK boleh berpindah pada pengenalan angka. Mengenal angka juga adalah pelajaran yang penting. Namun, karena anak belum bisa mengingat banyak angka, ajari saja angka dasar yaitu angka nol sampai sembilan.

Metode yang digunakan dalam mengenalkan anak pada angka tidak jauh berbeda dengan mempelajari huruf sebelumnya. Tunjukkan apa angkanya dan bagaimana cara membacanya. Lakukan secara pelan tapi pasti agar anak mudah memahami apa yang sedang diajarkan. Proses ini diulang sampai anak setidaknya bisa menunjuk mana angka satu dan mana angka delapan.

4. Mengeja Huruf

Selanjutnya adalah mengeja huruf. Mengeja huruf merupakan tahap kedua dari belajar membaca dan merupakan tahap yang sangat sulit untuk anak. Pola pikir anak yang masih berkembang akan dilatih berpikir keras bagaimana cara membunyikan huruf dengan ejaan. Awali dengan mengeja huruf vokal dan konsonan.

Baca juga : Materi Kuliah Hukum Ekonomi Syariah

Ambil contoh dari kata mama, didi, dan bubu. Apabila sudah berhasil mengeja penggalan kata tersebut, pelajaran boleh dimodifikasi dengan mengeja perbedaan suku kata vokal, misalnya cuci dan buku. Jangan lupa ajarkan cara membaca penggalan konsonan seperti makan dan bunyi juga bunyi ‘ng’.

5. Menulis Kata dari Nama Angka

Apabila sudah masuk tahap ini, itu berarti pelajaran sudah semakin intens. Pada tahap ini, anak diajak untuk mempraktikkan apa yang dipelajari sebelumnya; menulis huruf. Agar sekalian membantu mengingat apa yang dipelajari, berlatih menulis kata bisa diambil dari nama berbagai angka.

Banyak cara yang bisa digunakan dalam tahap ini. Misalnya, tulis angka tiga di sisi kiri buka, lalu suruh anak untuk mengenalinya. Jika benar, beritahu bagaimana cara membacanya dan biarkan anak menganalisa penulisan hurufnya. Dampingi anak sampai pekerjaan yang dilakukannya benar benar tuntas.

Kelima materi calistung TK di atas bisa coba dipelajari untuk anak yang mulai belajar calistung. Tetap tenang saat mengajari anak dan jangan pernah memaksanya untuk cepat mengingat apa yang dipelajari. Pada usia TK, pola pikir anak masih dalam tahap berkembang, jadi mengajari calistung tanpa paksaan adalah keputusan yang bijak.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top