materi belajar bahasa inggris otodidak

5 Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Langsung Paham

Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak – Saat ini bahasa inggris menjadi bahasa yang wajib dipelajari serta diterapkan selain bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut tak usah khawatir, karena banyak sekali materi belajar bahasa inggris otodidak yang tersedia. Sehingga sangat mudah untuk dipelajari secara individual tanpa mengikuti sebuah kursus bahasa tertentu yang membutuhkan biaya mahal.

Kuncinya gampang sekali yakni tinggal mencari berbagai sumber belajar lewat internet yang paling mudah dipahami dan dipelajari. Tentunya tekad kuat untuk belajar sangat dibutuhkan dalam hal ini, agar memiliki semangat belajar secara otodidak dapat terwujud. Berikut 5 materi belajar bahasa inggris yang bisa membantu untuk belajar materi inggris secara otodidak:

5 Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Langsung Paham

1. Dasar- Dasar Tenses Atau Kata Kerja

Tenses menjadi salah satu materi paling dasar dalam bahasa inggris, dikarenakan dengan tenses akan mempengaruhi cara pengungkapan kalimat berlatar waktu kejadian. Materi belajar bahasa inggris otodidak yang wajib dipelajari adalah tenses, karena memiliki peran penting dalam dipahami tidak kalimat yang disampaikan. Sehingga materi yang satu ini jangan dilewatkan dan dikesampingkan.

Beberapa jenis – jenis tenses yang perlu diketahui antara lain: present, past dan future. Jenis present mencakup simple, continuous, present perfect, present perfect continuous. Selain itu jenis past tense mencakup simple, past perfect continuous, past continuous, dan yang terakhir jenis future mencakup perfect, simple future, future perfect continuous, future continuous.

2. Modal Auxiliaries Atau Kata Bantu

Dalam pengungkapan kalimat diperlukan kata bantu untuk mengungkapkan suasana hati setiap kalimat yang diungkapkan. Sehingga kalimat yang disampaikan akan memiliki arti sesuatu dan maksud tertentu seperti mengungkapkan kemampuan, kemungkinan, bantuan, ijin, nasehat, menyimpulkan mengekspresikan keharusan. Contoh dari modal auxiliaries yakni can, could, should, may, could, might, must, shall, dan will.

Berdasarkan hal tersebut kata kerja bantu ini membantu untuk mempermudah suatu pengungkapan dalam Bahasa inggris. Macam modal auxiliaries sendiri dibedakan menjadi 2 yakni: present tense dan past tense, semisal could, might, should. Macam kata bantu ini bisa ditambahkan dengan kalimat negative dan interogatif yang bersifat dalam pengungkapan penolakan dan pertanyaan.

3. Gerund dan Infinitives

Materi belajar bahasa inggris otodidak yang tak kalah penting adalah gerund dan infinitives. Keduanya menjadi dua hal yang tidak dipisahkan, dikarenakan keduanya merupakan pelengkap kata kerja, yang nantinya menambah makna dalam kalimat. Istilah pelengkap kata kerja ini menempati bagian dari subjek dan objek dalam pengungkapan sebuah kalimat dalam bahasa inggris.

Baca juga : Materi Tes TOEFL

Sebenarnya perbedaan antara gerund dan infinitives adalah bentuk kata kerja yang digunakan. Gerund adalah kata kerja yang mendapatkan akhiran -ing dan sudah dikerjakan, sedangkan infinitives adalah kata kerja berakhiran -ing tetapi dalam bentuk tidak nyata. Penggunaan gerund dan infinitives bisa dilihat dari kata kerja dan sifat di dalam kalimat tersebut.

4. Noun, Pronoun dan Article

Noun memiliki arti kata benda, kata benda ini memiliki bagian subjek dalam sebuah kalimat. Pronoun memiliki makna kata ganti, dimana pronoun menduduki subjek, objek secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan hal tersebut noun akan melengkapi kalimat dari sisi keterangan aktivitas dan pronoun memberikan keterangan subjek.

Article adalah penggunaan a, an, the, some yang disematkan pada noun sebuah kalimat Bahasa inggris. Article ini bisa melengkapi pengungkapan kalimat yang menyatakan jumlah yang dapat dihitung maupun tidak dapat dihitung. Contoh penggunaan article adalah some sugar is bad, one dress is red, much sugar is nice dan sebagainya.

5. Active Dan Passives Setences

Pengungkapan active dan passive sentences materi belajar bahasa inggris otodidak tidak boleh dilewatkan. Passive sentence biasanya digunakan pada saat subjek tidak melakukan sebuah kegiatan dan tindakan. Sehingga subjek hanya sebagai penerima sebuah aksi bukan pelaku aksi, contohnya nurlia was driven to the mall by Nayla yang berarti nurlia tidak sedang melakukan kegiatan.

Active sentence memiliki sifat kebalikan dengan passive sentence, yang didalamnya terdapat sebuah subjek yang melakukan sebuah tindakan. Tindakan ini dilakukan oleh subjek dalam sebuah kalimat. Contoh yang bisa diambil dari kalimat active sentence misalnya The cat ate all biscuits yang bermakna kucing sedang memakan biskuit.

Demikian materi bahasa inggris yang dasar dan simple digunakan untuk memulai materi belajar bahasa inggris secara otodidak. Usaha terpenting adalah tekad dan gigih untuk menambah wawasan terkait dengan materi bahasa inggris, karena poin – poin diatas adalah sebagian kecil dari materi yang ada.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top