5 Tips Belajar Bahasa Jerman Otodidak, Paling Mudah

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa di dunia yang sulit dipelajari. Susunan kata, pelafalan, dan cara baca yang rumit membuat menguasai bahasa Jerman cukup menantang. Les bahasa Jerman tidak terlalu banyak dibandingkan bahasa lain. Belajar bahasa Jerman otodidak atau belajar mandiri bukan hal yang mustahil dilakukan.

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan akses ilmu sehingga belajar secara otodidak menjadi lebih mudah. Berikut adalah tips belajar bahasa Jerman secara otodidak yang bisa dilakukan di rumah :

5 Tips Belajar Bahasa Jerman Otodidak, Paling Mudah

1. Buat Target Belajar dan Metode Belajar

Belajar bahasa asing yang sulit seperti bahasa Jerman tentu memerlukan waktu dan tidak instan. Target belajar dapat membuat fokus untuk meningkatkan ilmu dan berlatih lebih mudah karena bisa meningkatkan motivasi. Target yang diraih tentu bisa target sederhana seperti dapat menghafalkan kata-kata tertentu setiap minggu atau ikut ujian sertifikasi bahasa Jerman.

Metode belajar bahasa bisa digunakan untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Buat tabel atau kalender dalam sebulan akan belajar bagian apa terlebih dahulu bisa mendukung pencapaian target tadi. Perkembangan belajar bahasa Jerman otodidak akan terlihat dari keberhasilan mencapai target.

2. Mempelajari Cara Baca dan Pelafalan Bahasa Jerman

Artikulasi atau biasa disebut pelafalan bahasa Jerman termasuk sulit. Susunan huruf di bahasa Indonesia yang biasa terdiri dari konsonan yang bertemu dengan huruf vokal kadang tidak ditemui di kosakata bahasa Jerman. Tanda baca diatas huruf atau disebut umlaut juga sering menyulitkan saat membaca bahasa Jerman.

Baca juga : Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Pelafalan umlaut (Ä Ö Ü ß) atau 4 huruf unik yang digunakan di bahasa Jerman ini penting. Mempelajari pelafalan dan tata cara baca bahasa Jerman merupakan langkah awal untuk belajar bahasa Jerman otodidak. Hal ini memudahkan langkah selanjutnya seperti menghafal kata yang digunakan sehari-hari.

3. Belajar Kosakata Bahasa Jerman (Benda, Kerja, dan Sifat)

Belajar pelafalan bisa diiringi dengan belajar kata-kata dalam bahasa Jerman. Kosakata dalam bahasa Jerman cukup unik. Keistimewaannya dari kosakata Jerman adalah adanya penggunaannya gender pada kosakata sehingga harus diperhatikan perbedaannya dalam penggunaan kalimat.

Berlatih belajar bahasa Jerman otodidak bisa mulai dari menghafalkan arti dari setiap kata. Kata terdiri dari kata benda, sifat, dan kata kerja cukup banyak sehingga cukup banyak untuk dihafalkan. Metode penggunaan target belajar bisa digunakan untuk menghafalkan setiap kata perhari atau per minggunya.

4. Membiasakan Diri Menggunakan Bahasa Jerman

Hal-hal kecil dapat membuat kita terbiasa dengan cepat mudah belajar bahasa Jerman. Semakin sering membaca dan melihat akan membuat otak menyimpan memori bahasa dan arti dari kata.Hal-hal yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri dengan bahasa Jerman ada berbagai cara.

Baca juga : Materi Tes TOEFL

Mengganti bahasa di Hp, komputer, dan perangkat lain yang biasa digunakan sehari-hari adalah salah satu contoh. Kata benda bisa dipelajari dengan menempelkan barang-barang di sekitar rumah dengan label yang berisi bahasa Jerman dan arti dalam bahasa Indonesia. Mendengarkan musik dan video bahasa Jerman akan membantu mempelajari bahasa Jerman.

5. Belajar Sambil Bermain dengan Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa

Belajar bahasa secara gratis menggunakan aplikasi juga dapat memudahkan proses belajar. Aplikasi ini umumnya akan membantu belajar dari segi mendengar, paham susunan bahasa (grammar), dan juga menambah kosakata.

Duolingo, Speak Tribe German, and Deutsch Lernen adalah rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi ini bisa ditemukan di play store, unduh pada smartphone atau perangkat lainnya, dan tinggal digunakan. Aplikasi juga memberi fitur-fitur tambahan seperti tes yang memudahkan untuk mengetahui perkembangan berbahasa Jerman.

Tidak semua individu memiliki akses untuk belajar dengan guru atau les. Bukan berarti belajar secara mandiri tidak bisa dilakukan. 5 tips belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa dilakukan di rumah ini bisa dilakukan untuk menambah skill dan kemampuan di bidang lainnya. Biaya yang dikeluarkan juga sebatas untuk data internet sehingga bisa dilakukan oleh semua orang.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar