Materi MPLS SMP Masa Pandemi Untuk Pengenalan Siswa Baru

Materi MPLS SMP Masa Pandemi – Masa pandemi bukanlah suatu halangan siswa memperoleh ilmu. Mengingat teknologi yang semakin berkembang, hal itu tidak membuat sulit. Apalagi ketika menerima siswa baru. Penerimaan siswa ini akan disambut dengan MPLS secara online. Mau tahu lebih lanjut dan apa saja materi MPLS SMP masa Pandemi? Simak yang berikut ini:

Apa itu MPLS?

MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekolah sebagai bentuk mengenalkan kepada siswa baru. Dalam pengenalan tersebut, terdiri dari pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program dan cara belajar. Selain itu, siswa baru akan dikenalkan konsep, serta pembinaan awal kultur di sekolah.

Bentuk kegiatan tersebut bersifat kreatif dan juga edukatif. Karena masa pandemi belum juga usai, maka materi MPLS SMP masa pandemi sangat penting diketahui. Meskipun dilakukan secara online atau daring, diharapkan MPLS ini bisa membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar. Sehingga akan dapat mencapai tujuan nasional dari proses pembelajaran.

Tujuan dari Kegiatan MPLS

Adanya MPLS ini tentunya bukan hanya sebagai penggugur kewajiban. Namun, diharapkan akan memiliki dampak positif kepada siswa. Adapun tujuan dari kegiatan MPLS ini yaitu:

  • Untuk mengenalkan potensi dari diri siswa baru.
  • Untuk dapat membantu siswa baru mengenal, bisa adaptasi sehingga menyatu dengan warga maupun lingkungan sekolah.
  • Siswa bisa memahami tata tertib sekolah.
  • Siswa dapat mengetahui hak, kewajiban serta tanggung jawabnya.
  • Dapat menumbuhkan perilaku positif yang tercermin dari nilai-nilai Pancasila.

Baca juga : Materi Calistung TK

Materi-Materi MPLS

Materi MPLS ini tentu harus diketahui dan dipahami agar bisa lebih baik dalam melakukannya. Semua materi dalam MPLS memiliki sifat yang edukatif, kreatif dan juga teoritis. Adapun berikut materi MPLS SMP masa pandemi:

1. Pendidikan Karakter

Dalam materi Pendidikan karakter ini secara garis besar mengajarkan siswa supaya dapat berpikir atau bertindak dengan positif. Siswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan keSembilan pilar dari nilai luhur universal. Supaya dapat mengembangkan karakter mereka masing-masing dengan positif.

Selain itu di dalam Pendidikan karakter terdapat nilai tanggung jawab yang kaitannya dengan masa pandemi ini. Mengingat banyak dari siswa yang mungkin lalai dalam tanggung jawabnya sebagai siswa untuk belajar. Karena ada saja perilaku siswa dari biasanya pergi ke sekolah, sekarang hanya dari Hp atau laptop saja. Hal itu, mempengaruhi pola pikir siswa.

2. Tata Krama Siswa

Sebuah tata krama merupakan suatu hal penting dan perlu untuk dipelajari. Mengingat tata krama atau adat sopan santun menjadi bagian dalam hidup. Sehingga, mengajarkan siswa dapat bertata krama dengan baik sesuai norma yang ada.

Baca juga : Materi Ketahanan Pangan

Nah, meskipun di masa pandemi ini siswa belum bisa menerapkan secara langsung adab sopan santun. Tetapi adab ini juga diajarkan ketika belajar online, bagaimana tata krama terhadap guru ketika bertanya dalam chat atau media lain.

3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Di masa sekarang, dengan banyaknya pengaruh dunia yang bisa masuk ke negara ini dengan mudah. Sehingga, akan banyak sekali tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Maka, kesadaran berbangsa dan bernegara akan sangat penting dipelajari. Supaya generasi muda akan lebih memahami apa tanggung jawabnya sebagai warga negara, agar negara tidak kalah dengan kondisi saat ini.

Apalagi masa pandemi yang belum juga usai, maka siswa pun harus mengikuti perintah dari pemerintah dengan belajar secara daring. Selain itu, dalam materi ini juga diajarkan bagaimana siswa menjadi warga negara Indonesia yang selalu menerapkan protokol Kesehatan. Tentunya, supaya dapat menjaga diri sendiri serta orang lain biar tetap sehat.

Disini kami juga memiliki rekomendasi artikel tentang harga asus chromebook flip c434, yang merupakan laptop yang cocok digunakan untuk belajar daring.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai materi MPLS SMP masa pandemi. Sebenarnya, selain diatas masih banyak materi-materi yang terkandung dalam MPLS apalagi untuk siswa SMP ini. Akan lebih baik untuk mencari lebih banyak lagi, mengenai MPLS ini.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar