materi kuliah hukum ekonomi syariah

Materi Kuliah Hukum Ekonomi Syariah Wajib Diketahui

Materi Kuliah Hukum Ekonomi Syariah – Siapa disini yang sedang kuliah atau lagi mencari informasi mengenai hukum ekonomi syariah?. Prodi hukum ekonomi syariah merupakan salah satu rumpun ilmu hukum yang berkaitan dengan dunia ekonomi. Informasi prodi kuliah tersebut tentu tidak terlepas dari materi yang diajarkan. Nah berikut beberapa materi kuliah hukum ekonomi syariah, yang perlu diketahui:

Apa itu Hukum Ekonomi Syariah?

Ilmu hukum ekonomi syariah adalah suatu jurusan dimana didalamnya mempelajari perilaku manusia baik dalam dunia ekonomi.  Berdasar pada sumber Al-Qur’an, Sunnah serta ijma para ulama. Hal itu, bertujuan agar dapat memperoleh kebahagiaan dan keberkahan baik di dunia juga akhirat.

Tetapi, bukan hanya sekedar etika atau perilaku dan nilai saja, tetapi juga memiliki sifat positif. Karena mempelajari mengenai aktivitas actual manusia serta problem-problem ekonomi dalam pandangan Islam.

Materi Kuliah Hukum Ekonomi Syariah

Selanjutnya mengenai apa saja materi yang akan dipelajari dalam hukum ekonomi syariah. Pastinya didalamnya mempelajari banyak materi yang setiap semesternya memiliki sks yang berbeda. Mengingat hukum ekonomi syariah ini termasuk program studi yang ada di suatu universitas atau institut yang tersedia. Namun, secara garis besar ada beberapa materi kuliah hukum ekonomi syariah yang biasa tersedia di perguruan tinggi. Berikut penjelasannya:

1. Dasar Akuntansi

Di dalam jurusan ekonomi syariah, tentu tidak hanya mempelajari mengenai hukum nya saja. Tetapi juga belajar tentang akuntansi dasar. Mengingat ekonomi ini sangat erat hubungannya dengan akuntansi. Dimana dengan akuntansi, tentu seorang ekonom bisa menentukan kelanjutan dari bisnisnya.

Baca juga : Materi Public Speaking Untuk Mahasiswa

Nah, hukum ekonomi syariah akan mempelajari akuntansi dasar pada konvensional dan juga syariah. Supaya nantinya mahasiswa lebih bisa membandingkan antara keduanya dengan baik.

2. Ilmu Ekonomi

Sudah semestinya jurusan hukum ekonomi syariah membahas mengenai ilmu ekonomi. Tentu tidak aneh jika materi mata kuliah ilmu ekonomi menjadi mata kuliah yang wajib dipelajari. Dalam ilmu ekonomi ini mencakup ekonomi mikro, makro dan juga lainnya. Ilmu ekonomi juga menjadi dasar pijakan mahasiswa agar dapat mendalami hukum ekonomi syariah.

3. Fiqih Muamalah

Sebab jurusan ini merupakan hukum ekonomi syariah, dimana syariah menjadi hal yang wajib dipelajari. Maka, sudah barang tentu mahasiswa mempelajari mengenai fiqih muamalah. Apalagi, zaman yang semakin berkembang, dengan banyaknya inovasi dan kreativitas dalam jual beli.

Maka, akan sangat penting untuk mengetahui apakah kegiatan muamalah tersebut boleh atau tidak dalam Islam. Agar dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang malah akan menjerumuskan ke hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam agama.

Baca juga : Belajar Bahasa Jerman Otodidak

4. Ilmu Hukum

Dari Namanya saja jurusan hukum, jadi pasti didalamnya mempelajari hal yang berkaitan dengan hukum. Di hukum ekonomi syariah ini akan mempelajari mengenai ilmu hukum baik itu hukum konvensional maupun hukum syariahnya. Mata kuliah tersebut akan menjadi dasar dalam mempelajari lebih lanjut mengenai jurusan tersebut.

5. Hukum Perpajakan dan Lembaga Keuangan Syariah

Selain yang diatas juga ada mata kuliah hukum perpajakan, yang akan mempelajari perpajakan di Indonesia. Mempelajari bagaimana hukum perpajakan itu berjalan dan peraturan-peraturannya. Juga akan dipelajari tentang Lembaga keuangan syariah. Dimana akan ada banyak hal yang didapat dari materi tersebut. Mulai dari bank syariah, Baitul maal, koperasi syariah dan masih banyak lainnya.

6. Hukum Perdata dan Pidana

Tidak hanya tentang ekonomi syariah, dalam jurusan hukum ekonomi syariah juga mempelajari hukum perdata dan pidana. Hal itu bertujuan agar mahasiswa dapat terjun dunia kerja dan masyarakat dengan baik. Tentu sangat penting bukan? Agar tidak salah dalam melakukan muamalah.

Nah, itulah tadi beberapa materi kuliah hukum ekonomi syariah yang harus diketahui. Dalam jurusan tersebut termasuk jurusan yang komplit, karena mempelajari banyak hal. Tentu masih banyak lagi materi yang dipelajari selain dengan yang di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top