5 Alat Tukang Bangunan Modern yang Wajib Anda Tahu

5 Alat Tukang Bangunan Modern yang Wajib Anda Tahu

Memiliki alat bangunan di rumah memang bukan sebuah keharusan, namun hal ini akan sangat memudahkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika diperlukan dalam waktu yang cukup mendadak. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita tidak bisa lepas dari kebutuhan alat bangunan untuk berbagai tujuan. Dari mulai hal sepele seperti memasang gantungan baju hingga merenovasi rumah, semua perlu perkakas bangunan.

Mengetahui list alat bangunan yang tepat akan membawa produktivitas lebih baik, juga dari sisi profesionalitas jika anda berkarir pada dunia ini. Sebelum lebih jauh, pemilihan alat yang tepat sangat diperlukan. Hal ini adalah langkah awal menuju produktivitas yang lebih baik pada bidang tersebut.

Beberapa orang terbiasa dengan paradigma “mengupah tukang bangunan” sehingga tak pernah memikirkan soal ini. Padahal jika diperhatikan, menyimpan alat-alat bangunan di rumah tidak akan merugikan. Tak usah kamu simpan semua jenis alat bangunan di rumah, cukup siapkan beberapa yang terpenting saja.

Alat tukang bangunan saat ini sudah banyak yang modern dan canggih, yang memudahkan untuk memperbaiki segala sesuatu dengan mudah. Harga alat tukang bangunan pun beragam, tergantung kegunaan dan jenis alat. Tidak ada salahnya jika mulai mengenal peralatan tukang bangunan lengkap apa saja yang termasuk ke dalam perkakas yang Anda sering pakai.

Berikut alat tukang bangunan yang bisa diketahui menurut 1000saudara.com:

Obeng

Alat bangunan yang pertama yang pasti harus tersedia di setiap rumah adalah obeng. Karena dari mulai alat elektronik, furniture, hingga gawai semuanya pasti memerlukan obeng.

Jenis obeng bisa dibedakan menjadi dua, obeng kembang (berbentuk seperti tanda plus) dan obeng pipih (berbentuk seperti tanda minus). Sementara itu, ukurannya sangat beragam dari mulai yang berukuran kecil hingga obeng berukuran besar semua tersedia.

Menggunakan obeng tidak sulit, hanya saja sebelum digunakan pastikan telah memilih obeng yang ukurannya tepat dengan celah sekrup. Tahan mata obeng dengan satu tangan, kemudian arahkan ujung obeng tersebut pada celah dengan tangan lain. Lalu, pegang obeng pada posisi tegak lurus dengan sekrup, dan putar obeng agar sekrup bisa lepas.

Tang

Tang umumnya difungsikan sebagai alat pemotong, misalnya seperti pemotong kabel, kawat dan lain sebagainya. Selain itu, tang biasanya juga digunakan untuk mencabut paku yang menempel pada dinding, dan dalam keadaan darurat tang juga bisa dialih fungsikan sebagai pengganti palu. 

Gerakkan gagang tang dengan cara menekan seperti memakai gunting. Tang ini bisa digunakan untuk memotong kabel/kawat, menjepit kabel/kawat dan mengencangkan ataupun mengendorkan mur.

Alat tukang bangunan sederhana ini sudah dikenal sejak lama, bukan hanya pekerja bangunan saja yang menggunakannya, tetapi pekerja listrik, perkabelan, mesin, dan bengkel juga menggunakannya.

Bor Mesin

Bor juga termasuk kedalam alat tukang bangunan canggih, bukan hanya berfungsi sebagai pelubang tembok atau papan kayu namun dengan bor juga dapat memasang berbagai macam furniture hingga melepas sekrup dan lain sebagainya. Seperangkat bor tentu juga memiliki beberapa jenis mata bor cadangan yang dapat Anda bongkar pasang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika kamu membeli bor, pasti kamu juga akan diberi tambahan berbagai jenis mata bor sebagai cadangan. Nah, mata bor itulah yang bisa kamu bongkar pasang dan ganti sesuai kebutuhan. Selain bor yang harus tersambung dengan kabel listrik, ada juga bor portable yang dayanya bisa diisi ulang sehingga jauh lebih ringkas.

Alat tukang kayu satu ini akan menjangkau sisi bagian dalam menembus ke permukaan lain, pemakaiannya kerap kali untuk memberikan tempat baut pada kayu. Nantinya, baut akan dipergunakan untuk menyambung bagian dari produk kayu.

Terdapat 2 jenis bor yang bisa digunakan seperti bor manual maupun bor listrik. Untuk jenis bor listrik mulai dominan pemakaiannya mengingat sistem kerja yang tanpa tenaga manusia, hal ini juga sangat baik untuk kecepatan pengeboran serta proses waktu tidak terlalu lama.

Mesin Ketam atau Serutan Kayu

Alat tukang bangunan jenis ini sangat terkenal dikalangan pengrajin kayu dan furniture, karena yang ukurannya kecil dan multifungsi menjadikan mesin ini sering digunakan. Fungsi utama mesin ketam adalah untuk merapikan kayu, menghaluskan permukaan kayu dan membentuk siku pada sudutan kayu agar terlihat lebih rapi, bisa dirasakan ketika dipegang maupun ketika dilihat dengan pandangan mata.

Gerinda Tangan

Salah satu alat tukang bangunan yang sangat praktis karena sudah menggunakan mesin untuk penggeraknya, sehingga tidak perlu repot untuk menggunakannya.

Fungsi gerinda adalah untuk memotong plat besi, besi batangan dan bahan lainnya yang bersifat logam. Selain itu juga dengan mengganti mata nya dengan batu asah, maka dapat memakainya sebagai alat asah yang multifungsi. 

Jenis alat tukang bangunan sangatlah banyak, dari yang sederhana hingga alat tukang bangunan canggih. Selain itu, saat ini banyak dijumpai alat tukang bangunan modern yang telah banyak dipasarkan di store ataupun online yang bisa dipesan dengan mudah melalui 1000saudara.com dengan LENGKAP, MURAH, CEPAT bahkan kamu mendapatkan perlindungan untuk konsumen.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top