Asuransi Jiwa Terbaik, Ketahui Jenis-jenisnya!

Asuransi Jiwa Terbaik, Ketahui Jenis-jenisnya!

Apakah Anda pernah mendengar peran dari asuransi jiwa? Pada dasarnya asuransi ini merupakan salah satu produk yang akan memberikan jaminan uang pertanggungan kepada nasabah ketika meninggal dunia.

Peran sertanya sangat penting, terutama jika Anda merupakan tulang punggung keluarga. Keberadaan dari produk ini bertujuan untuk membiayai keluarga apabila Anda telah tiada sebab berperan sebagai pencari nafkah.

Jika sebelumnya, Anda hanya mengenal asuransi mobil dan risiko yang ditanggung. Kini, Anda juga perlu mengenal asuransi jiwa serta manfaatnya kepada Anda selaku nasabah.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pilihan asuransi jiwa terbaik dalam artikel berikut!

Mengenal Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sejauh ini memang belum banyak membuat nasabah tertarik jika dibandingkan dengan jenis asuransi lain seperti kesehatan. Namun sebenarnya keberadaan dari produk ini memiliki prinsip dan mekanismenya sendiri.

Beberapa prinsip dari produk asuransi jiwa diantaranya :

  1. Menyatukan kepentingan nasabah, di mana konsepnya sama dengan menyatukan kepentingan antara satu nasabah dengan nasabah lainnya.
  2. Dana yang dikumpulkan bersifat kolektif. Sehingga nantinya premi yang dibayar oleh setiap nasabah menjadi dana kolektif. Perusahaan asuransi yang Anda pilih akan melakukan analisa berapa persen nasabah yang akan mengajukan klaim.
  3. Hak mendapat kompensasi atas kerugian yang dialami. Konsep ini menjelaskan bahwa setiap pemegang polis memiliki hak untuk mendapat ganti rugi dari perusahaan sesuai dengan perjanjian polis yang telah disepakati bersama.

Apa Saja Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia?

Mungkin Anda bertanya apakah keberadaan dari asuransi jiwa sudah cukup berkembang di Indonesia?

Hingga saat ini, Indonesia memiliki beberapa macam produk asuransi khusus jiwa, beberapa di antaranya:

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Jika Anda ingin mengambil produk berjangka, maka biasanya rentang waktu berkisar antara 1 tahun, 5 tahun, atau maksimal 40 tahun.

Apabila pemilik asuransi meninggal dunia dan polis masih aktif, maka nantinya uang pertanggungan (UP) akan diberikan kepada ahli waris.

Menggunakan jenis asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan produk dengan biaya premi cukup murah.

Sayangnya, kekurangan dari produk ini adalah premi yang sudah Anda setorkan akan hangus di akhir masa asuransi.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Berikutnya, Anda juga bisa memilih produk asuransi jiwa seumur hidup. Di mana produk ini nantinya bisa Anda gunakan hingga nasabah berusia 100 tahun.

Ketika nasabah meninggal dan polis masih aktif, maka uang pertanggungan (UP) dan nilai tunai akan diberikan kepada ahli waris.

Apabila Anda ingin merencanakan finansial jangka panjang atau memberikan warisan kepada keluarga, maka memilih produk asuransi ini sangat cocok sekali.

Namun, besaran premi relatif lebih mahal dibanding jenis sebelumnya. Apalagi total nilainya mencapai dua kali lipat premi term life.

3. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah Unit Link. Di mana produk satu ini memiliki jangka waktu polis mulai dari 10 hingga 20 tahun.

Uang pertanggungan (UP) dan hasil investasi, nantinya akan diberikan kepada ahli waris apabila nasabah telah meninggal dunia.

Jika Anda merupakan nasabah yang memikirkan prospek investasi jangka menengah dan panjang, maka unit link dapat menjadi pilihan terbaik. Selain itu, polis ini juga sangat cocok bagi Anda dengan pendapatan tinggi dan menyukai investasi.

Kekurangan pada jenis ini adalah adanya risiko merugi sebab Anda harus menambahkan nominal saldo.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna

Memilih asuransi jiwa dwiguna nantinya jangka waktu polis akan disesuaikan dengan ketentuan perusahaan terpilih. Apabila nasabah telah meninggal, uang pertanggungan akan diberikan langsung kepada ahli waris.

Namun, nasabah juga bisa mencairkan tabungan sebelum polis berakhir. Asuransi jenis ini cocok Anda gunakan untuk merencanakan sesuatu, seperti rencana dana pendidikan.

Kekurangan asuransi jenis ini adalah biaya preminya cukup mahal. Sebab Anda diharuskan untuk membayar dengan total nominal mencapai jutaan rupiah perbulan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai asuransi jiwa terbaik yang bisa Anda dapatkan melalui marketplace asuransi, Lifepal.

Pastikan, Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing asuransi jiwa sebelum memutuskan untuk membeli.

Namun, jika Anda ingin melakukan konsultasi kebutuhan bersama ahli asuransi, Lifepal akan dengan senang hati membantu Anda menemukan perusahaan asuransi terbaik sesuai keinginan nasabah secara gratis.

Tunggu apalagi, pastikan Anda melakukan transaksi pembelian asuransi hanya di Lifepal.co.id!

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top