Kenali Asuransi Sinar Mas sebagai Salah Satu Asuransi Terbaik di Indonesia

Kenali Asuransi Sinar Mas sebagai Salah Satu Asuransi Terbaik di Indonesia

Asuransi kendaraan tentu menjadi hal yang penting bagi Anda yang memiliki kendaraan, terutama mobil untuk menghindari risiko tak terduga di kemudian hari.

Dengan adanya perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk dan keunggulannya, Anda harus bisa memilih perusahaan asuransi terpercaya, salah satunya yakni  lifepal.co.id/asuransi/asm/.

Dalam asuransi Sinar Mas, selain asuransi mobil All Risk atau comprehensive ada juga asuransi mobil TLO yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Apa Itu Asuransi Sinar Mas?

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) sebagai pengelola asuransi Sinar Mas telah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan membawa nama besar Sinar Mas Group. Dengan demikian, kualitas Asuransi Sinar Mas telah terbukti menjadi pilihan terbaik dalam berasuransi di Indonesia.

Perusahaan Sinar Mas juga terus melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan nasabah, seperti adanya pelayanan dan kemudahan yang semakin ditingkatkan.

Misalnya, dalam hal pelayanan klaim asuransi kendaraan bermotor yang bisa dilakukan secara online melalui situs resmi asuransi mobil Sinar Mas. Asuransi Sinar Mas, terutama asuransi mobil memiliki dua jenis polis, antara lain:

1. Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil TLO memberikan jaminan pertanggungan kerusakan total, seperti hilang, tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir di jalan, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran, hingga kecelakaan selama penyeberangan dengan feri.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya derek maksimal 0,5% dari jumlah pertanggungan dengan adanya jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga. Anda bisa mendapatkan layanan ini dengan premi mulai dari Rp35.000 per bulan.

2. Comprehensive All Risk

Produk asuransi Comprehensive All Risk memberikan jaminan pertanggungan segala jenis kerusakan kendaraan Anda, seperti baret, penyok, hilang, dan lain-lain. Adapun premi asuransi untuk bisa menikmati layanan tersebut mulai dari Rp175.000 per bulan.

Hal yang paling menarik yang dimiliki produk asuransi kendaraan Sinar Mas, yakni Simas Mobil. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan pertanggung jawaban hukum terhadap pihak ketiga atau TPL. Adapun manfaat pertanggungan untuk produk Comprehensive All Risk yaitu produk asuransi lengkap untuk semua risiko yang dikecualikan untuk TLO.

Simas Mobil TPL yaitu produk asuransi yang menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga secara langsung. Penyebabnya kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin polis, berupa kerusakan harta benda (property damage), biaya pengobatan, cedera badan, dan/atau kematian.

Asuransi TLO atau All Risk, Mana yang Lebih Baik?

Setelah Anda mengenal produk asuransi TLO dan Comprehensive All Risk, tentu Anda bertanya-tanya produk mana yang lebih baik untuk dipilih. Berikut beberapa hal pertimbangan yang bisa Anda pikirkan!

Beberapa orang lebih menyarankan untuk berasuransi TLO dibandingkan dengan All Risk, mengapa demikian? Karena premi yang dibayarkan pada asuransi TLO jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi All Risk. Tentu Anda bisa menghemat pengeluaran terlebih untuk kendaraan baru.

Biasanya batas kendaraan untuk bisa dilindungi asuransi sekitar 7-10 tahun, tergantung dari perusahaan asuransinya, sedangkan asuransi TLO biasanya melindungi kendaraan yang usianya lebih tua lagi, bahkan bisa hingga 15 tahun. Asuransi TLO juga bisa digunakan untuk mobil bekas, namun perlu diperhatikan batas usia kendaraan.

Adapun terkait dengan premi asuransi TLO sudah ditentukan di dalam surat edaran OJK, yang mencakup perbedaaan harga premi asuransi sesuai jenis kendaraan dan wilayahnya. Hal ini juga menentukan uang pertanggungannya.

Harga premi asuransi TLO berada di kisaran 0,2% hingga 0,69% dari harga kendaraan nasabah, akan dibayar sekali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun penuh. Biaya klaim asuransi mobil atau own risk (OR) lebih umum berada di jenis asuransi All Risk, sedangkan pada asuransi TLO umumnya hanya dilakukan sekali saja sehingga tidak ada biaya seperti itu.

Cara klaim asuransi TLO juga cukup mudah, laporkan kerugian yang Anda alami dalam waktu 5 hari kerja sejak terjadinya kerugian. Kemudian siapkan dokumen yang diperlukan, cek bengkel rekanan, lengkapi formulir klaim, lalu tinggal menunggu konfirmasi ke perusahaan asuransi.

Adapun terkait tabel asuransi mobil OJK untuk asuransi TLO dan perhitungannya bisa Anda lihat pada laman Lifepal. Itulah hal-hal yang harus Anda kenali mengenai asuransi Sinar Mas, terutama asuransi kendaraan.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top