Warga Desa Gapura Mengeluh, Akses Jalan 12 Tahun Masih Terbengkalai

Era Jateng
Senin, 13 Januari 2020, 17:32 WIB Last Updated 2020-01-13T10:35:47Z

EraJateng.Com ■ Warga Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah akhir-akhir ini mengeluhkan akses jalan desa yang terkesan dibiarkan terbengkalai. Terlebih pada musim penghujan, praktis jalan ini sulit dilalui bagi warga yang ingin menjual hasil komoditinya ke Kota Pemalang.

Kepala Desa Gapura Caris saat dikonfirmasi membenarkan atas keluhan warganya itu. Pasalnya, jalan yang terbengkalai ini adalah jalan tembus yang menghubungkan antara kecamatan Watukumpul ke kecamatan Bantar Bolang, kabupaten Pemalang.

"Jalan ini memiliki panjang 3 Km, sudah lama tidak terurus dan hampir 12 tahun. Jalan yang menghubungkan dua dusun dan dua kecamatan yaitu dari Desa Gapura Utara ke dusun Kebobung, Desa Suru, kecamatan Bantar Bolang," kata Caris, pada Senin (13/1).

Dia menyebutkan, warga desa Gapura maupun Desa Suru sangat mengeluhkan jalan yang rusak dan tak terurus ini. Padahal, bagi warga jalan tersebut sangat mendukung pertumbuhan ekonomi desa tersebut.

Caris mengungkapkan bahwa jalan ini adalah jalan PU, tapi sampai sekarang sudah hampir 12 tahun belum ada realisasi pembenahan jalan, padahal jalan ini adalah jalan tembusan.

"Kalau jalan ini bagus, maka warga ke kota Pemalang tidak usah muter, tapi bisa langsung melewati jalan ini, yaitu jalan yang menghubungkan Desa Gapura Utara kecamatan Watukumpul ke dusun Kebobung Desa Suru, Kecamatan Bantar Bolang," terangnya.

Harapan saya, imbuh Caris, sebagai kepala desa supaya ada perhatian dari dinas terkait, mengingat jalan ini adalah akses warga untuk menjual hasil bumi ke kota dan akses jalan menuju wisata Tlaga Rengganis.

"Sebenarnya, saya sebagai kepala desa juga sudah berusaha mengikuti prosedur yang ada dan juga saya sudah menghubungi dinas terkait, namun sampai saat ini belum ada realisasinya dari dinas terkait. Dan kebetulan dana juga belum mencukupi kalau harus membangun jalan ini," ujar Kepala Desa Gapura Caris.

Caris sendiri baru menjabat sebagai kades Gapura sekitar 1 tahun lebih. Meski begitu, segala usaha dan upaya sudah dilakukan supaya jalan tersebut bisa di bangun.

■ Ragus T.U/ Arni Agustina


Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+