Takaran Oli Samping Vespa

Takaran oli samping Vespa yang merupakan motor 2-tak sudah seharusnya diberikan sesuai agar bisa berfungsi secara maksimal. Vespa sendiri sekarang ini menjadi suatu jenis motor legendaris namun hingga saat ini motor Vespa ini masih saja dimintai oleh banyak orang. Bahkan muncul pula komunitas pengguna Vespa yang umumnya beranggotakan banyak pecinta Vespa. 

Untuk dapat merawat motor Vespa ini dengan baik maka kini Anda bisa memberikan oli samping dengan takaran yang ideal. Bagi Anda yang ingin tahu takaran yang tepat dari oli samping Vespa bisa simak keterangan atau penjelasan singkat di bawah ini. 

Takaran Oli Samping Vespa Sesuai Standard

Pemberian oli samping untuk motor Vespa sebenarnya sudah ada takaran oli samping Vespa sendiri. Takaran ini bahkan telah dipastikan sesuai dengan standard yang diberikan sendiri oleh pihak Vespa. Biasanya takaran yang disarankan untuk motor Vespa ini sebesar 2,5% oli samping jika diberikan untuk ukuran 1 litre bensin. Hal ini pastinya sesuai dengan standard dari Vespa sendiri sehingga takaran ini tak perlu dipungkiri lagi.

Baca juga : Tekanan Freon AC Mobil

Namun untuk yang baru rupanya pemberian oli sampingnya juga harus ditambah. Pemberian oli dengan jumlah yang tepat sebenarnya akan membantu Anda dalam melakukan perawatan motor Vespa. Oleh akrena itu berikan oli samping sesuai dengan ukurna standard yang telah ditetapkan oelh pihak Vespa.

Takaran Oli Samping Vespa Untuk Harian

Bagi Anda yang menggunakan motor Vespa untuk kebutuhan harian saja maka pemberian takaran oli samping Vespa bisa dilakukan dengan menggunakan takaran 1 banding 2. Maksudnya 1 liter bensin bisa dicampur dengan oli sebanyak 2 kali tutup botol kemasan oli. Jadi semisal Anda menggunakan bensi dengan takaran sebanyak 3 liter tentunya Anda bisa menggunakan oli dengan takaran 6 kali tutup botol kemasan oli. 

Penggunaan Vespa untuk kebutuhan harian umumya Vespa dikendarai di jalan raya tepatnya di jalanan yang ada pada beberapa kota besar. Jadi sebisa mungkin asap yang dikeluarkan Vespa Anda tidak sampai menyebabkan polusi dan tidak sampai mengganggu pengguna jalan yang lainnya. Selain itu penggunaan Vespa harian umumnya tidaklah membuat mesin jadi terlalu panas. Sebab perjalanan yang dilalui untuk kebutuhan harian Anda tidaklah terlalu panjang. Untuk itu taakran oli 1:2 dirasa sudah cukup jika hanya untuk kebutuhan harian.

Baca juga : Cairan Pembersih Motor Bagian Dalam

Takaran Oli Samping Vespa Untuk Touring

Berbeda dengan takaran oli samping Vespa untuk kebutuhan touring, maka tentunya perbandingan antara oli samping dengan bensin adalah berbeda. Bagi Anda yang menggunakan motor Vespa untuk kebutuhan touring bisa menggunakan takaran 1 banding 4 hingga 5. Jadi 1 liter bensin bisa dicampur dengan menggunakan 4 hingga 5 kali tutup botol kemasan oli samping. 

Pemberian oli samping untuk motor Vespa yang digunakan touring lebih banyak jika dibandingkan dengan pemberian oli samping untuk Vespa yang digunakan hanya untuk kebutuhan harian saja. Sebab Vespa yang digunakan untuk touring umumnya akan membuat mesin menjadi jauh lebih panas jika dibandingkan dengan penggunaan harian. Untuk itu dibutuhkan oli samping dalam jumlah yang lebih banyak pula. 

Takaran oli samping Vespa dengan ukuran seperti yang di atas tentunya sudah pas dan sesuai. Anda hanya tinggal memberikan oli samping sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda menggunakan Vespa untuk harian saja atau mungkin Anda menggunakannya untuk touring. Tentunya oli samping bisa diberikan sesuai dengan takaran yang memang sudah seharusnya pada Vespa milik Anda.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar