SPSI Menerima Laporan 1728 Buruh di Purbalingga Mengalami PHK

Era Jateng
Sabtu, 02 Mei 2020, 13:33 WIB Last Updated 2020-05-02T06:33:11Z

ERA JATENG ■ Dandim 0702/Purbalingga dan Kapolres Purbalingga menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada buruh terdampak Covid-19, Jumat (1/5/2020).

Bantuan diserahkan langsung oleh Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han dan Kapolres AKBP Muchammad Syafi Maulla, S.I.K., M.H melalui Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Purbalingga, di Omah Pekerja jalan AW Soemarmo, Kecamatan Purbalingga.

Dandim dalam keterangan persnya menuturkan," saat ini kita semua prihatin adanya Pandemi Covid-19, hal ini tentunya sangat berdampak kepada para buruh, SPSI selalu ingatkan kepada para buruh/karyawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dari Pemerintah, sebagai kunci kita keluar dari pandemi ini yaitu tetap disiplin dengan harapan akan terbebas dari ancaman pandemi Covid-19," kata Dandim.

Selanjutnya, sebagai bentuk peduli sesama ada sembako yang tolong didistribusikan kepada para buruh, mudah-mudahan bermanfaat," harap Dandim.

Sementara Kapolres Purbalingga menyebut bantuan ini semata-mata karena empati. Kami juga prihatin terhadap rekan-rekan buruh yang terdampak terutama yang kena PHK dari tempat kerjanya,” tutur kapolres.

Kapolres mempercayakan distribusi bantuan sembako bagi buruh itu kepada SPSI Purbalingga, diharapkan bisa tepat sasaran, sesuai data yang ada.

Selanjutnya, ketua SPSI Kabupaten Purbalingga Mulyono menggambarkan, pihaknya menerima laporan sedikitnya 1728 buruh di Purbalingga yang mengalami PHK.

Dari jumlah tersebut, kata Mulyono, sebagian besar karena perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) tidak diperpanjang oleh perusahaan akibat dampak pandemi Corona.

“Hanya ada satu perusahaan yang murni melakukan PHK karena perusahan tersebut tutup sehingga seluruh karyawannya berhenti bekerja, untuk bantuan SPSI akan distribusikan kepada buruh/karyawan khususnya yang kena PHK dan yang sangat membutuhkan,” ujarnya.

■ Imam Santoso

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru