Kerahkan Relawan Pantau Pemudik, Pemdes Krangean Tanggap Siaga 24 Jam Cegah Corona

Era Jateng
Sabtu, 04 April 2020, 08:38 WIB Last Updated 2020-04-04T01:38:56Z

ERA JATENG ■ Desa Krangean, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga menutup semua akses keluar masuk desa menjadi satu jalur, dan jalur tesebut dipasang bilik untuk penyemprotan warga desa dan yang dari luar desa.

Menurut Kades Krangean Waluyo menerangkan kepada erajateng.Com kegiatan ini dilakukan tidak hanya oleh pihak desa, tapi juga dari pemuda dan masyarakat desa krangean yang ikut berpartisipasi dalam penanggulangan pencegahan virus corona.

"Alhamdulillah kesadaran masyarakat sangat baik, dan pendataan kepada para warga yang pulang dari luar kota didata sampai hari kamis 02/04/2020 tercatat 272 pemudik," katanya.

Untuk penyemprotan desinfektan dilakukan kepada sipapapun yang masuk ke wilayah desa krangean, dan warga yang hendak keluar desa pun disarankan untuk menggunakan masker.

"Warga dari luar kota atau luar desa yang masuk ditanya keperluan dan tujuanya,  bahkan untuk sementara untuk petugas koperasi simpan pinjam atau bank tidak diperbolehkan masuk wilayah desa," katanya.

"Penjagaan pos pengamanan dibuat 4 shif, satu shif 6 jam dan dijaga sekitar 6 relawan, juga aparat desa yang beberapa jam kelokasi pos pengamanan," jelas Agung, salah satu pengurus pemuda Desa Krangean.

Untuk keamanan relawan yang jaga di pos disediakan makanan,  minuman dan kebutuhan lainya sampai obat desinfektan oleh pihak Desa. 

"Yang jaga di pos kita prioritaskan, bahkan kami berikan vitamin juga, karena mereka yang yang paling sering bertemu dengan banyak orang," kata Kades Srangean Waluyo.

■ Imam Santoso


Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru