Antisipasi Corona, TKI Pulang dari Hongkong Langsung Pakai Gelang ODP

Era Jateng
Kamis, 16 April 2020, 10:35 WIB Last Updated 2020-04-18T09:38:30Z

ERA JATENG ■ Salah satu TKI berinisial SI (34) asal Desa Cilapar RT 02/RW 01, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga kembali ke tanah air setelah 6 tahun berada di Hongkong bekerja sebagai TKI.

Sebagai SOP pencegahan corona seseorang yang memasuki wilayah Kabupaten Purbalingga apalagi dari luar negeri untuk segera melaporkan ke gugus tugas percepatan penanganan Covid - 19 tingkat desa untuk selanjutnya di cek kesehatannya, apabila tidak ada keluhan sesuai gejala Covid-19 maka harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dirumahnya mengantisipasi kemungkinan penularan Covid-19 kepada orang lain.

Hal ini juga dilaksanakan oleh SI yang baru tiba di rumahnya pukul 01:00 WIB dini hari langsung melapor ke pihak desa.

Paginya (14/4/2020) tim yang terdiri dari Pelda Subari, Serda Suyanto Babinsa koramil 02/Kaligondang dan Rasiyah Bidan Desa Cilapar segera bergerak cepat melaksanakan pengecekan kesehatan.

Diungkapkan oleh SI bahwa dirinya sebelumnya juga sudah melaksanakan screening test di bandara memastikan kesehatannya aman dari paparan corona dan selanjutnya begitu tiba di rumah melaporkan diri ke pihak desa.

Ditambahkan SI," sesampai di rumah saya belum kontak dengan siapapun kecuali dengan suami, maklum pak sudah 6 Tahun tidak ketemu dan saya merasa sehat tidak ada keluhan apapun," ungkapnya sembari senyum.

Pelda Subari yang turut mendampingi Bidan desa menuturkan," pengecekan ulang ini demi kebaikan bersama agar SI juga yakin sehat serta keluarga juga nyaman yakin kalau SI dalam keadaan sehat sehingga kita semua aman dari penularan Corona," tegas Pelda Subari.

Ditambahkan Pelda Subari," Setelah pengecekan ini SI wajib melaksanakan Isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, dan bila ada keluhan segera laporan," terang Pelda Subari sembari memasangkan gelang identitas penanda ODP kepada SI.

■ Pendim/Imam Santoso
Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru