Patuhi Himbauan MUI, Masjid Di Pemalang Sepi Karena Tak Ada Sholat Jumat

Era Jateng
Jumat, 27 Maret 2020, 14:35 WIB Last Updated 2020-03-27T07:35:50Z

ERA JATENG ■ Semua Masjid di Kabupaten Pemalang nyaris tak ada yang menggelar sholat jumat hari ini. Hal tersebut dikarenakan adanya surat edaran dari MUI no 14 th 2020, perihal situasi terkini terkait wabah virus china atau covid-19.

Pemandangan yang tidak umum itu menyebabkan masjid-masjid besar dan kecil di Pemalang sepi jamaah.

Hasil pantauan Tim reporter di perlintasan dari kota Pemalang menuju  daerah lain seperti ke Moga, obyek wisata Guci, Baturraden, Randudongkal bahkan  Purwokerto hingga ke kota besar yang lain, biasanya mejelang tiba waktu masuk shalat Jumat tempat parkir selalu dipenuhi oleh penduduk setempat maupun orang yang mampir guna melaksanakan shalat Jumat nyaris tak terlihat.

Pada hari ini, Jumat 27 Maret 2020, ada suasana lain dari biasanya.  Tak ada seorang pun yang sedang melaksanakan prosesi peribadatan.

Hal ini terkait erat dengan surat edaran dari MUI no 14 th 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadinya wabah covid 19. Maka MUI Jateng juga ikut melaksanakan keputusan tersebut, dari atas dan diinstruksikan ke jajaran bawah untuk dilaksanakan dan dipatuhi.         

Sebagai mana telah kita ketahui, bahwa penularan penyakit yang terkenal dengan nama Corona tersebut betul dan nyata adanya. Sudah banyak contoh korban meninggal akibat dari interaksi secara langsung maupun tidak langsung.

Meski shalat Jumat tidak dilaksanakan pada hari ini, dikarenakan keadaan yang memaksa (darurat) kita harus menggantinya dengan shalat dhuhur.

"Insha Allah kita tidak melanggar, sebab kewajiban sudah gugur, mana kala itu adalah perintah dari institusi yang bertanggung jawab dalam hal ini pemerintah dan MUI tentunya,"  kata seorang tokoh masyarakat Pemalang yang enggan disebut jati dirinya.

Berdasarkan informasi yang bisa kami himpun, Pemalang memang tidak ada kegiatan shalat Jumat pada hari ini.

"Semoga pada Jumat depan kegiatan berjalan normal dan segala macam virus serta penyakit akan segera lenyap dari muka bumi ini penduduk dunia akan aman tentram dan damai khusus mencari nafkah dan beribadah," ujar Waluyo  warga rt 39 Desa Pulosari, hari ini.

■ Himawan


Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+