Masyarakat Terapkan Local Lockdown, Babinsa Turut Mengawasi

Era Jateng
Minggu, 29 Maret 2020, 18:52 WIB Last Updated 2020-03-29T11:52:11Z

ERA JATENG ■ Menyusul meningkatnya jumlah ODP dan PDP di wilayah Kabupaten Purbalingga membuat masyarakat kuda-kuda menyikapinya, berbagai upaya dilaksanakan dengan membuat screening post serta menutup akses jalan masuk ke kampung-kampung seperti yang dilaksanakan di Desa Karangduren, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga oleh warganya, kemarin (28/3/2020).

Kegiatan murni inisiasi kesadaran masyarakat dengan di dahului musyawarah di Balai Desa Karangduren dengan turut mengundang Babinsa Koramil 08/Bobotsari yaitu Serma Sudaryanto, Babinkamtibmas dan para ketua RT serta perwakilan tokoh masyarakat Karangduren.

Diungkapkan Setyo Pamungkas, Kades Karangduren saat bersama warganya memasang portal barikade screening post, bahwa kegiatan ini sebagai  upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Saat ini wilayah Desa Karangduren masih aman dari gangguan virus corona, kita berharap dengan pemasangan portal ini agar masyarakat tidak tertular masuknya virus corona dari luar, oleh pendatang daerah lain," ungkapnya.

Ditekankan oleh Serma Sudaryanto, dalam pelaksanaan kewaspadaan wilayah harus dilaksanakan, namun dalam pelaksanaanya diharapkan tidak menimbulkan masalah terutama gangguan kamtibmas.

"Artinya bagi masyarakat boleh selektif soal pendatang, namun tetap menjaga etika sopan santun dalam bertindak sebagai budaya bangsa Indonesia," katanya.

Selanjutnya, apabila menemukan kecurigaan untuk segera lapor kepada petugas untuk penanganan sesuai SOP Protokol penanganan kesehatan Corvid-19.

■ Pendim 0702/Imam Santoso
Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru