Cek Langsung Posko Perbatasan, Dandim 0702 Purbalingga: Laksanakan Tugas dengan Ikhlas

Era Jateng
Minggu, 29 Maret 2020, 18:32 WIB Last Updated 2020-03-29T11:32:14Z

ERA JATENG ■ Salah satu upaya meminimalisir penyebaran virus corona yang mungkin datang dibawa dari luar wilayah Purbalingga, Pemkab Purbalingga mendirikan posko terpadu perbatasan masuk Kabupaten Purbalingga yang beranggotakan personel gabungan baik dari Kodim 0702/Purbalingga, Polres, Dinas Kesehatan, Dishub dan unsur lainnya.

Posko ini bertugas mengecek kondisi kesehatan penumpang kendaraan dan pengemudinya yang akan memasuki wilayah Purbalingga dengan melaksanakan rapid test kesehatan badan.

Komandan Kodim 0702/Purbalingga turun langsung  mengecek kesiapan anggotanya yang bertugas di posko perbatasan (28/3/2020).

Dalam kesempatan pengecekan tersebut, Dandim Letkol Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han menyampaikan arahan dan pesan kepada seluruh personel yang terlibat Satgas penanggulangan corona untuk selalu melaksanakan pengecekan dengan baik dan teliti, serta melaporkan segera apabila ada indikasi warga keluar atau masuk wilayah Purbalingga yang ditemui suspect sesuai ciri-ciri tanda awal gejala terkena virus corona.

“Apabila ada penumpang travel dan bis yang suhu badannya 37,5 ke atas agar segera dilaporkan ke Satgas penanggulangan Covid-19 (Corona) untuk penanganan lebih lanjut, sehingga dapat di masukan kategori ODP atau PDP," katanya.

"Dengan demikian dapat cepat ditangani dari tim kesehatan, antara dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan atau cukup dalam pemantauan kesehatan saja,” imbuhnya.

Dandim menyampaikan bahwa pemeriksaan mobil dari luar kota ke arah Purbalingga dengan memberikan pemeriksaan rapid test, mencuci tangan dengan sabun sesuai anjuran tim kesehatan serta penyemprotan disinfektan terhadap mobil yang ditumpangi dan penumpangnya.

Selain itu, Dandim juga mengingatkan petugas agar selalu memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, pergunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat memeriksa penumpang bis/travel/mobil dari luar Purbalingga.

“Kegiatan ini merupakan tugas mulia sekaligus tugas kemanusiaan, lakukan dengan ikhlas, anggap saja ini sebagai amal ibadah kita. Tetap semangat dan selamat bertugas,” tandasnya.

■ Pendim 0702/Imam Santoso
Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru