Dorong Produksi Kopi Jingkang, Desperindag Purbalingga Fasilitasi Peralatan Bagi IKM

Era Jateng
Jumat, 20 Desember 2019, 16:12 WIB Last Updated 2020-01-06T00:57:09Z
  Dorong Produksi Kopi Jingkang, Desperindag Purbalingga Fasilitasi Peralatan UKM

ERAJATENG.COM ■ Dalam rangka meningkatan sumber daya manusia, utamanya dibidang industri agro,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga beserta Dinas pertanian,  Kecamatan Karang Jambu dan aparat Desa Jingkang melakukan program-program pelatihan guna mengembangkan potensi yang ada di masyarakat.

Kegiatan ini diadakan di Desa Jingkang, salah satunya pelatihan teknologi pengolahan kopi.

Dari berbagai kelompok tani di Kecamatan Karang Jambu mengikuti pelatihan ini selama tiga hari, mulai dari materi sampai praktik langsung seperti grading sortasi, proasting, dan lain-lain dipaparkan semua.

Bahkan kopi piji dari Desa Jingkang sendiri salah satu kopi terbaik di kabupaten purbalingga dan sudah masuk peringkat 11 nasional mengikuti pelatihan sekaligus menyuguhkan kopi piji untuk semua yang menghadiri acara tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Purbalingga mendorong masyarakat, utamanya pelaku UMKM untuk berusaha lebih maksimal lagi.

Oleh karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Purbalingga berusaha membantu meningkatkan dan mengangkat potensi-potensi yang ada khususnya Desa Jingkang yang masuk dalam kategori Desa Zona Merah.

Selain melakukan pelatihan-pelatihan Disperindag dan Dinas lainya di Kabupaten Purbalingga juga membantu sarana peralatan guna mendukung produksi,  serta membantu melalui berbagai event seperti festival kopi.

Terakhir ada digelar juga event festival kopi merdeka dan event-event lainya, diharapkan langsung atau tidak langsung dapat memperkenalkan kopi lokal Purbalingga supaya diminati di kancah pasar lokal, regional bahkan di Internasional.

■ Imam Santoso / Himawan


Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

Loading...
Loading...

ERA SOLO

+