Cagar Budaya dan Permuseuman Kendal Butuh Perhatian Serius

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Cagar Budaya dan Permuseuman Kendal Butuh Perhatian Serius

Era Jateng
Kamis, 07 November 2019
  Cagar Budaya dan Permuseuman Kendal Butuh Perhatian Serius

ERAJATENG.COM ■ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, menggelar sosialisasi cagar budaya yang ada di Kabupaten Kendal.

Kegiatan yang bertemakan ” Menggali peradaban situs Boto Tumpang, Situs Tegalsari dan Batu Nisan Berkarang “, diikuti oleh 150 orang tokoh masyarakat yang berasal dari Kecamatan Kaliwungu Selatan, Patebon, Ringinarum dan beberapa kecamatan lainnya.

Budiati Spd MM sebagai Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kabupaten Kendal, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan sebuah rintisan sebagai upaya menginventarisir situs-situs purbakala atau cagar budaya yang ada di Kabupaten Kendal.

”Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman merupakan seksi yang baru terbentuk pada tahun 2018, sehingga dalam seluruh kegiatannya masih sangat banyak kekurangannya sehingga memerlukan dukungan dari seluruh pihak terkait," kata Budiati, pada Rabu (6/11/2019), di aula gedung Muhammadiyah Kendal.

Budiati menguraikan bahwa untuk menunjang kegiatan dari Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, masih sangat membutuhkan dana. Hal tersebut dengan mengingat banyaknya situs yang ditemukan di Kabupaten Kendal.

Pihaknya sangat mengharapkan adanya peran yang lebih besar dan intens dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

” Kepada Bupati Kendal, kiranya berkenan untuk bisa mendukung sepenuhnya kegiatan dari Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, dalam upayanya menginventarisir dan menggali situs-situs purbakala serta cagar budaya di Kabupaten Kendal," katanya.

■ rls