Jelang Hari Sumpah Pemuda, Danramil Sragen Beri Pengetahuan Kepada Siswa SMK Mutiara

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Jelang Hari Sumpah Pemuda, Danramil Sragen Beri Pengetahuan Kepada Siswa SMK Mutiara

Era Jateng
Selasa, 15 Oktober 2019
 Jelang Hari Sumpah Pemuda, Danramil Sragen Beri Pengetahuan Kepada Siswa SMK Mutiara

ERAJATENG.COM ■ Jelang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Danramil-13/Sukodono, Sragen, Kapten Arm Budiyanto, S.H.I mengisi pembelajaran tentang pengetahuan bela negara kepada siswa di SMK Mutiara.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 13/Skd menyampaikan tentang bela negara guna mendorong dan menumbuhkembangkan sikap seluruh komponen masyarakat agar dapat memaknai lebih mendalam akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Hal tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Menurutnya, bela negara merupakan sikap dan perilaku bagaimana mencintai negara sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang syarat-syaratnya diatur dalam Undang-undang,” sampainya.

Lanjutnya, spektrum bela negara sangat luas, banyak peran yang bisa dilakukan untuk membela negara.

“Sebagai pelajar, banyak hal yang sangat sedehana untuk bela negara, misalnya ta'ati peraturan lalu lintas, taat dan patuh kepada orang tua, serta para guru di sekolah,” pesannya.

Dirinya juga berharap agar para peserta dapat memperoleh informasi yang akurat tentang pendidikan pengetahuan bela negara sehingga nantinya menjadi pelopor dan penyebar informasi kepada seluruh masyarakat,” harap Danramil Sukodono.

■ Rls