Warga Jonggrangan Gelar Tradisi Bersih Desa

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Warga Jonggrangan Gelar Tradisi Bersih Desa

Era Jateng
Senin, 09 September 2019
 Warga Jonggrangan Gelar Tradisi Bersih Desa

ERAJATENG.COM ■ Komandan Koramil (Danramil) 24/Klaten Utara beserta Muspika Kecamatan Klaten Utara menghadri acara Bersih Desa di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Minggu (8/9).

Tradisi bersih Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali.

Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut.

Dalam hal ini Desa Jonggrangan menggelar pawai budaya kesenian di desa tersebut. Masyarakat sangat antusias dan penuh semangat menggelar tradisi Bersih Desa tersebut, baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi bersih desa tersebut.

Acara Bersih Desa Jonggrangan tersebut menggelar pawai kebudayaan dengan dimulai dari titik star di depan Balai Desa Jonggrangan  mengelilingi seputaran Desa Jonggrangan  dan finish di Pelataran Sendang Simbarjoyo.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas semua rejeki yang telah diberikan serta keselamatan dan kemakmuran kepada seluruh warga masyarakat Desa Jonggrangan," ujar Danramil 24/Klaten Utara Kapten Inf Sukatman.

 ■ R-01/Pendim Klaten