Pendonor Darah Sukarela Terima Penghargaan dari PMI Klaten

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Pendonor Darah Sukarela Terima Penghargaan dari PMI Klaten

Era Jateng
Jumat, 27 September 2019
  Pendonor Darah Sukarela Terima Penghargaan dari PMI Klaten

ERAJATENG.COM ■ Perwira Seksi Personel (Pasipers) Komando Distrik Militer (Kodim) 0723 Klaten Kapten Cba Rudi Saputra mewakili Komandan Kodim 0723/Klaten menghadiri penyerahan penghargaan dan temu Donor Darah Sukarela (DDS) 25 Kali PMI Klaten di Hotel Grand Tjokro Klaten, belum lama ini.

Sebanyak 190 orang pendonor darah sukarela sebanyak 25 kali menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten pada acara penyerahan penghargaan dan temu Donor Darah Sukarela (DDS) 25 Kali PMI Klaten di Hotel Grand Tjokro Klaten, Selasa, 24 September 2019.

Penyerahan penghargaan dilakukan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili Asisten II Sekda Klaten sekaligus Ketua PMI Klaten, Drs H Purwanto AC MSi.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Sekda Klaten sekaligus Ketua PMI Klaten, Drs H Purwanto AC MSi mengatakan, pemerintah dan masyarakat Klaten merasa bangga mempunyai pahlawan-pahlawan kemanusiaan seperti peserta donor darah sukarela.

"Karena dengan donor darah sukarela telah membantu sesama yang membutuhkan dan telah berkontribusi mewujudkan kesehatan masyarakat," katanya.

Maka dari itu, kata Drs H Purwanto AC MSi, atas nama pribadi dan Pemkab Klaten mengucapkan terimakasih kepada para pendonor darah sukarela yang telah secara rutin mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. Semoga para pendonor darah sukarela ini selalu diberikan kesehatan, panjang umur, murah rejeki dan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dalam kegiatan tersebut, sambutan Ketua PMI Klaten dibacakan Wakil Ketua PMI Klaten, dr Cahyono Widodo MKes. Dalam sambutannya antara lain dikatakan, program donor darah sukarela yang dilakukan PMI Klaten dalam rangka memenuhi kebutuhan transfusi darah di rumah sakit.

Maka dari itu PMI Klaten juga melakukan upaya penggalangan kelompok DDS dan memotivasi  masyarakat untuk melakukan DDS melalui PMI Kabupaten Klaten.

Dijelaskan, pemberian penghargaan kepada pendonor darah sukarela 25 kali dan pemberian piagam penghargaan kepada kelompok donor darah sukarela dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-74 PMI tahun 2019 yang diperingati 17 September 2019. Saat ini di Kabupaten Klaten telah mempunyai kelompok donor darah sukarela sebanyak 234 kelompok, yang melakukan DDS secara rutin.

Pada kesempatan tersebut, dr Cahyono Widodo MKes menegaskan, dalam kurun waktu 74 tahun PMI telah menghadapi banyak sekali tantangan, hambatan dan rintangan. Sehingga saat ini PMI semakin tegar dan matang dalam menghadapi kejadian bencana, konflik dan persoalan sosial yang melanda masyarakat dan PMI berkomitmen penuh untuk tetap bersama masyarakat dan pemerintah membantu membangun ketangguhan.

Sehingga, tambah dr Cahyono Widodo MKes, akhirnya terwujud masyarakat tangguh, pemerintah tangguh serta PMI tangguh, sehingga bencana tidak akan menghambat gerak laju kemajuan bangsa dan negara. Pada acara tersebut laporan panitia disampaikan dr Wiwik Purwanti Lestri Utami dan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua PMI Klaten tentang pendonor darah sukarela 25 kali yang mendapatkan penghargaan dibacakan Sekretaris PMI Klaten, Klaten I Wayan Sahopiarta, AMK, SE dan acara dimeriahkan Band Koes Plus. (*)