Fokus Rubah Mindset Masyarakat Solusi Pencegahan Karhutla

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Fokus Rubah Mindset Masyarakat Solusi Pencegahan Karhutla

Era Jateng
Minggu, 15 September 2019
Fokus Rubah Mindset Masyarakat Solusi Pencegahan Karhutla

ERAJATENG.COM ■ Menyikapi Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Provinsi Riau saat ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo ke Pekanbaru pada Sabtu (14/9/2019).

Keduanya langsung menggelar rapat koordinasi yang dilaksanakan di gedung daerah Pemprop Riau, Pekanbaru.

Rapat tertutup ini dihadiri oleh Wagubri, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Danrem 031/WB beserta staf, Kapolda Riau beserta staf, Danlanud RSN, Kajati Riau jajaran Pemprop Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Riau.

Dalam rapat kordinasi tersebut, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar MPICT selaku Wadansatgas Karhutla Aspek Darat memberikan paparan terkait upaya penanganan karhutla di provinsi Riau.

Danrem 031/WB menjelaskan, Tim Satgas Karhutla Riau sampai saat ini terus berupaya mengani Karhutla yang terjadi di Propinsi Riau, kegiatan nyata tersebut tergelar di 120 titik/Pos dengan melibatkan 5809 personel.

Tidak hanya fokus melakukan pemadaman saja, melainkan juga terus mengedukasi masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Disamping itu Tim Satgas Karhutla dilapangan juga harus menciptakan karya nyata yang akan merubah Mindset (Pola Pikir) masyarakat untuk memanfaatkan lahan dengan baik tanpa harus membakar lahan, penerapan pola tanam tumpang sari jagung dan cabai, patroli dan sosialisasi serta penyuluhan - penyuluhan kepada masyarakat, serta menyebarkan pamflet yang berisi himbauan untuk tidak membakar lahan.

Danrem juga menjelaskan saat ini Jumlah titik hot spot di Propinsi Riau secara keseluruhan adalah 47 titik terdiri dari 8 titik api dan 39 titik asap yang sedang dilaksanakan proses pendinginan oleh Satgas Karhutla Propinsi Riau.

Perlu kita ketahui bersama, Satgas ini terdiri dari berbagai unsur yakni Satgas darat, udara, dari KLHK, kesehatan, satgas hukum, kemudian dari BMKG dan beberapa unsur dari dalam satgas itu sendiri.

Tim Satgas Karhutla yang terjun kelapangan total Personil berjumlah 5809 personil Gabungan terdiri dari TNI, Polri, KLHK, BMKG, hingga BPBD Propinsi Riau dan hari ini akan dilakukan penambahan personil TNI dari Kodam I/BB  yakni 350 orang personil Kodam I/BB terdiri atas Yonif 123/Rajawali 150 orang dan 200 Orang Prajurit 121/Macan Kumbang sesuai dengan perintah  Pangdam I/BB, jelas Danrem.

mirza/pen