12 Pelajar Indonesia Ikuti Program Sakura Science

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

12 Pelajar Indonesia Ikuti Program Sakura Science

Era Jateng
Senin, 09 September 2019
12 Pelajar Indonesia Ikuti Program Sakura Science

ERAJATENG.COM ■ Sejumlah siswa Indonesia akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti Program Sakura Science selama 8 hari, dari tanggal 24 hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

Dalam rangka persiapan pemberangkatan tersebut, para peserta yang terdiri atas 2 orang siswa SMK, 7 orang siswa SMA, dan 3 orang mahasiswa itu, mengikuti kegiatan Pre-departure Orientation Program atau pembekalan menjelang pemberangkatan.

Kegiatan pembekalan ini berlangsung sehari bertempat di SMKN 24 Jakarta Timur, Sabtu, 7 September 2019. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 wib itu diprakarsai dan dilaksanakan oleh Pengurus Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (Kapiija-21).

Pada acara pembukaan kegiatan yang turut dihadiri para orang tua dari masing-masing peserta, koordinator program menyampaikan berbagai hal yang perlu diketahui para siswa.

“Pre-departure Orientation Program ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan awal tentang Program Sakura Science dan budaya masyarakat Jepang, sponsorship program yakni Development Association of Youtleaders (DAY) Japan, serta Kappija-21,” jelas Yusron Fuadi, salah satu koordinator program Sakura tersebut.

Sementara itu, Presiden Kappija-21, Mulyono Lodji, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih mengikut Program Sakura Science ini.

“Atas nama Kappija-21, saya mengucapkan selamat kepada para siswa yang terpilih sebagai peserta Program Sakura yang disponsori oleh Jepang ini. Kesempatan yang sangat langka tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menimba ilmu, pengetahuan, dan wawasan, serta mengembangkan jejaring pertemanan di tataran global, khususnya dengan generasi muda Jepang,” jelas Mulyono sambil memberikan gambaran tentang kehidupan orang Jepang yang sangat disiplin, ramah, hormat, dan peduli dengan lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Sugiarto, yang kebetulan anaknya juga menjadi salah satu peserta program Sakura tahun 2019 ini, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan acara pembekalan dimaksud.

“Acara Pre-departure Orientation ini penting sekali dalam rangka mempersiapkan para peserta sebelum berangkat ke Jepang. Kami dari Dinas Pendidikan Jakarta Timur menyampaikan terima kasih kepada Kappija-21 yang telah mengadakan acara ini, semoga para peserta program dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum berangkat,” kata Sugiarto.

Adapun materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta antara lain terkait pengenalan diri masing-masing peserta, team building, pengenalan percakapan sederhana Bahasa Jepang, pelatihan pembuatan laporan kegiatan, dan latihan seni-budaya dalam bentuk Tarian Maumere dan lagu Jepang, Mira’e. Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan itu, bahkan hingga kegiatan dinyatakan selesai sekira pukul 16.00 wib, para peserta masih berlama-lama di tempat kegiatan. (Wils)