Tips Agar Tidak Merasa Lebih Baik Dari Orang Lain

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Tips Agar Tidak Merasa Lebih Baik Dari Orang Lain

Era Jateng
Minggu, 14 Juli 2019
  Tips Agar Tidak Merasa Lebis Baik Dari Orang Lain

Berikut tips cara memandang orang lain agar terhindar dari perasaan sombong, ujub, dan merasa lebih baik, yang termuat dalam Kitab Syarh Rotibul Haddad

Jika kamu melihat anak kecil, maka ucapkanlah dalam hatimu, "anak ini belum bermaksiat kepada Allah, sedangkan diriku telah banyak bermaksiat kepadaNya. maka tidak diragukan lagi bahwa anak ini jauh lebih baik dariku.”

Jika kamu melihat orang tua, maka ucapkanlah dalam hatimu, "dia telah beribadah kepada Allah jauh lebih lama dariku, maka tidak diragukan lagi bahwa dia lebih baik dariku.”

Jika kamu melihat orang yang berilmu, maka ucapkanlah dalam hatimu, "orang ini telah diberi ilmu yang mana saya belum diberi, orang ini telah menyampaikan ilmu apa yang belum saya sampaikan, dan ia telah mengetahui apa yang tidak saya ketahui, bagaimana mungkin saya sama dengannya? (apalagi saya lebih baik darinya?)”

Jika kamu melihat orang yang bodoh, maka katakanlah dalam hatimu, "orang ini bermaksiat kepada Allah kerana dia bodoh (tidak tahu), sedangkan aku bermaksiat kepadaNya padahal aku mengetahui akibatnya. Dan aku tidak tahu bagaimana akhir umurku dan umurnya kelak." Syaikh Ibnu Atalhoillah As-sakandari dalam Hikamnya mengatakan.

"Barang siapa telah menetapkan/menyatakan dirinya telah tawadhu', maka ia adalah orang takabur yang sesungguhnya"

Wallahu alam